Cerpen Pengaruh Tayangan TV


Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada teman saya, Titin.

Atas kepercayaannya, untuk menuliskan karyanya di blog saya ini..

Berikut cerpen karangan teman saya sewaktu SMA dulu,,,haha,,,ini dia tulisan beliau,,

 

WATCH OUT!!

Mungkin Anda sudah bosan atau muak mendengar ocehan para peneliti tentang pengaruh tayangan televisi terhadap kondisi psikis pemirsanya. Tidak ada yg salah dengan hasil penelitian itu, dan kita tidak akan meributkan perkara ini. Saya hanya memberikan bacaan berikut mengenai kisah bagaimana pengaruh ttayangan televisi, sebagai sekadar selingan dalam rutinitas anda.

Aku punya adik sepupu, namanya Ade. Dia cewek, atau tepatnya ‘anak’ SMP kelas 1. Tadi malam waktu semua sudah tidur, kecuali aku, dia pulang dari kunjungan rutinnya d rumah sebelah dengan senyum ‘ketakutan’. Dia berjalan berjinjit-jinjit sambil membekap sarungnya. Lalu mulai berkisah tentang rumor yang santer akhir-akhir ini: komplotan ‘pagere-gere’. Ini bukan soal paranoid atw semacamnya, sekali lagi ini tentang bgmn pengaruh tygn tv. Ade tersenyum ketakutan lagi. Yang menjadi beban pikiranx adalah, kunci pintu dapur yg berhubungan dengan teras rusak. Anak itu bergidik membayangkan kalau-kalau komplotan penjahat itu menyelinap dari pintu dapur dan melibas lehernya. Sreg! Aku tidak takut, kecuali hnya sdkt sekali saja.

Ade menuju dapur. Dia terpikir utk mengganjal pintu dapur dgn mesin cuci. Masih kurang aman. Dia menambahkan sebuah meja kecil sbg pengganjal tmbahan. Ah, masih kurang. Sekarang, dia menambahkan lagi karung beras. Aku tidak begitu menghiraukan kesibukanx itu, aku hnya melihat sekilas2 dr ruang nonton. Lalu, dia melengkapi security system-nya dgn tali-temali. satu ujungx diikatkan pada knob pintu, satux lagi pada besi pembatas tangga. Tangga terletak di dekat pintu. Pada tali yg terikat d pembatas tangga tadi, dia menggantungkan botol kosong Aqua. Intinya, tali yg membentang dan dililit entah bagaimana itu diarancang dgn tujuan: ketika knob dputar, botol akan jatuh. Setelah semua beres, dia baru berangkat tidur dgn tenang.

Subuh2 sekitar jam lima, aku tersentak dr tidur oleh suara tertawa yang aneh. Itu kakakku. Kupikir, si abang sudah sakit jiwa atau mgkn kesurupan sehingga tertawa begitu rupa. Aku bergegas mengahampirinya. Dia tengah berdiri di depan tangga masih dengan tertawa. Lalu dia bersabda seraya menunjuk2 sistem pertahan empat penjuru berlapis buatan Ade semalam,”Hahahahaha, apa ini??? Seperti Scooby Doo…hahahahah…”
Aku menggerutu. Kupikir ada apa. Tapi aku tertawa, dan tertawa lg saat kembali memeluk guling.
Siangnya, aku bercerita pada adik sepupuku yg satux ttg kejadian itu dalam keadaan bungkuk terpingkal-pingkal. Aku haqul yakin, sistem tali-temali yg aneh malam tadi dia contoh dr kartun atau film spesial liburan. Tapi demi Tuhan, apa gunax botol Aqua kosong? Kalau pun botol itu jatuh karena knob pintu diputar, dentingannya tidak akan membangunkan seekor semut pun. Mungkin lain kali, sebaikx Ade menggantung botol sirup ABC, shg seisi kampung akan terbangun jika ‘pagere-gere’ masuk rumah kami dr pntu dapur.

Maka, saudara-saudara, mulai hari ini perhatikanlah tontonan adik, kemenakan, atau mgkn anak tiri Anda. Karena, sungguh, sungguh, sungguh! Suatu hari Anda akan dapati mereka bertingkah menyerupai Spongebob dan Sandy.

Sekian,,

Nah, nhy org yg nulis cerpen gila ini (yg pakai jilbab putih, lambang kesucian),,,haha,,

Nama Lengkap : Zumrah Hatma

Nama panggilan : Zumrah atw titin (nd nyambung)

Walau pun namanya titin yg nd nyambung dengan nama lengkapnya,,,dia nhy pintar loh,,haha,,

Cukup sekian dlu,,,

Kita tunggu tulisan selanjutnya dari si Titin (Zumrah Hatma),,

Posted on 1 Februari 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. Eng ing eng, . .
    Knp pake sebut2 beliau, z jd merasa ketuaan… H h h

    Satu lg, jgn bongkar2 rahasia dunttt.. Msh amatiran nih, hehe

  2. kocak juga ee.., coba kalau dia ikat pake pisang goreng k..!! tp ditaruh bom di dalamnya

  3. kocak juga ee.., coba kalau yang digantung pisang goreng ya.., tapi dalamnya dikasih bom he..he..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: