Bakrie University


Buat teman-teman dan kakak-kakak yang tentunya telah berpengalaman, saya merekomendasikan Universitas Bakrie untuk adik-adik kalian sebagai salah satu universitas yang memenuhi kriteria pembelajaran yang berbasis international business school dengan Mutu Dosen dan fasilitas yang UNGGUL yang akan menuntun adik-adik kalian menjadi manusia yang bersumberdaya unggul.

Universitas Bakrie (UB), didirikan pada tahun 2006 dengan nama Bakrie Business School dan program studi pertamanya Management.Selanjutnya pada tahun 2007, berganti nama menjadi Bakrie School of Management (BSM) dengan dua program studi, yaitu Management dan Accounting. Lalu, pada tahun 2009 perguruan tinggi ini resmi berganti nama menjadi Universitas Bakrie dan membuka 5 program studi pada tahun 2010, yaitu Management, Accounting, Technology Information (Teknik Informatika), Information System (Sistem Informasi), dan Science of Communication (Ilmu Komunikasi). Universitas Bakrie memiliki visi sebagai Campus of Technopreneurship yang mengkombinasikan dua fokus utama, yaitu teknologi informatika (digital) dan enterpreneurship.

70% dari mahasiswa di Universitas Bakrie adalah mahasiswa dengan program beasiswa, baik beasiswa istimewa maupun parsial, dan selebihnya adalah mahasiswa program reguler. Program beasiswa ini didanai oleh Kelompok Usaha Bakrie (KUB), sebuah kelompok usaha terbesar di Indonesia, beserta aliansi anak perusahaannya. Setiap tahunnya, Universitas Bakrie selalu menyeleksi siswa-siswa unggulan dari seluruh penjuru daerah, dari Sabang sampai Merauke.

Untuk mahasiswa program beasiswa akan ada persyaratan tertentu agar beasiswanya dapat terus dipertahankan, yaitu meraih IPK (bukan IP) di atas 3.0 dan akan dievaluasi setiap tahunnya (dua semester). Jika mahasiswa tersebut tidak mampu mempertahankan IPK nya, maka beasiswa tersebut akan dicabut, dan program beasiswanya akan dialihkan ke mahasiswa reguler yang mampu meraih IPK 3.5. Jadi, persaingan di UB lumayan ketat lho, dan secara tidak langsung kita akan terstimulasi untuk belajar dengan sungguh-sungguh dalam rangka mempertahankan beasiswa. Lebih dari itu, kampus juga merangsang kita untuk terus berprestasi dengan memberikan dana tunjangan (deanlist) sebesarRp 1 juta per bulan bagi mahasiswa peraih IPK tertinggi per angkatan di setiap tahunnya (kuota ditetapkan oleh kampus).

Sistem pembelajaran di Universitas Bakrie mengadopsi kurikulum internasional sesuai dengan tuntutan dunia industri global. Semua buku pelajaran yang digunakan diimpor langsung dari luar negeri dan English-well-texted. Selain dari sistem pembelajaran, UB pun secara ketat menyeleksi para dosen yang memiliki kualifikasi untuk mengajar di UB, rata-rata lulusan dari luar negeri. Namun, jangan khawatir, UB tidak akan membuat shock mahasiswanya, bagi mahasiswa baru semester 1-4 bahasa pengantar yang dipakai dalam pembelajaran masih menggunakan bahasa Indonesia namun tetap dengan buku dan kurikulum dari luar negeri. Setelah semester 5 ke atas, sistem pembelajaran full menggunakan bahasa inggris.

Oya, mungkin bagi teman-teman banyak yang mempertanyakan akreditasi Universitas Bakrie. Secara resmi, saat ini UB sedang menjalani proses akreditasi dan hasilnya akan keluar insya Allah pada bulan Desember nanti, dan alhamdulillah tahun ini UB sudah meluluskan angkatan pertamanya. Tidak bermaksud menyangkal, akreditasi sebenarnya hanyalah proses evaluasi dan untuk melakukan akreditasi dibutuhkan lulusan, oleh sebab itulah UB baru bisa menjalankan tahap akreditasi tahun ini, insya Allah hasilnya memuaskan. Amin.

Di usianya yang masih balita, UB sudah mampu menunjukkan cakarnya di perkancahan lomba dan kegiatan nasional dan internasional, contohnya saja baru-baru ini mahasiswa UB meraih predikat sebagai Juara I Lomba Debat Pendidikan Tingkat Nasional di UPI, Juara 2 dan 3 Lomba Cerdas Microeconomics Nasional di UNPAD, Finalis 5 besar Eagle Award, Juara 2 Debat Marketing Nasional IMOTION di UI Perwakilan Indonesia di AISEC Internasional tahun 2009, perwakilan Indonesia di Malaysia Debate Open 2009, dan masih banyak lagi prestasi lainnya. Ini menandakan bahwa Mahasiswa Universitas Bakrie siap berkompetisi!

Untuk diketahui, banyak dari kakak tingkat di Universitas Bakrie yang masih berkuliah namun sudah direserved sama berbagai perusahaan, seperti di Nivea Production, Exxon Mobile, Chevron Indonesia, Citibank, Ernst and Young, dll.

Well guys, mari ubah paradigma manusia primitif yang menganggap bahwa Perguruan Tinggi Swasta tidak lebih baik daripada Perguruan Tinggi Negeri. It all depends on you! Sekali lagi dengan tegas kami mengatakan bahwa Mahasiswa Universitas Bakrie Siap Berkompetisi!

terimakasih buat teman-teman dan kakak2 yang ttelah meluangkan waktunya untuk membaca documen ini. kerjasama dari teman-teman saya sangat harapkan.

keep sharing ya???

Contac person aiu0pu339@gmail.com on behalf AYU PUTRI WIDYASARI

Posted on 19 Januari 2011, in About University. Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. Thanks kak buat informasinya.
    Oh iya kak,untk thn 2011/2012 pndftrnya kpn di buka ya kak? Khususnya buat di bukittinggi,trus berapa nilai kt supaya bisa mndptkn beasiswa di univ.bakrie?

  2. adeek,, kalo persyaratannya ituu,, rata2 nilai rapor minimal 80,
    untuk info lbh jelas, buka aj bakrie.ac.id

  3. gimana peluang kerjanya ?

    • maaf sblumnya,,,
      sy kurang tw ttg peluangnya,
      jdi sy nd bisa asal ngaco aj blg peluangnya bagus,,
      untuk lebih jelas ttg peluang kerja,,lihat aj di bakrie.ac.id/content/kerjasama,,

  4. untuk peluang dapat kerja langsung tidak ada…
    kampus langsung lepas tangan.. sehingga lulusan cari kerja sndiri!!!

  5. Mau tanya dong. kira-kira biaya untuk fikomnya berapa ya?
    Soalnya saya cari di web Bakrienya nggak ada.
    Makasih🙂

    • nah masalah biaya saya juga kurang tau… soalnya berubah-ubah dan beda setiap PRODInya.. kalo sy tidak slah tahun kmaren.. untuk ILKOM itu skitar 13-15jt/smester

  6. assalamua’laikum

    kemaren saya lulus untuk beasiswa full untuk teknik industri UB .

    dan alhamdulillah saya juga lulus, disebuah PT kedinasan… menurut kk

    mana yg lebih bagus?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: